Selasa, 07 Desember 2010

Pengertian Teknik Crochet (Teknik Mengait / Merenda)

-->

Kata crochet berasal dari Prancis croc yang berarti kait. Noe Idris menyatakan bahwa crochet atau häkeln adalah seni mengaitkan benang dengan menggunakan satu batang pengait (hook). Menurut Werker, crochet is the process of interlocking loops of yarn with a hook. Pada beberapa uraian pengertian teknik crochet tersebut, pengertian teknik crochet yang di maksud lebih mengacu pada proses pembuatannya.
Pada pengertian teknik crochet yang lainnya, lebih mengacu pada pengertian teknik crochet sebagai sebuah teknik untuk menghasilkan sebuah bahan baru. Menurut pendapat Sukolo, crocheting adalah kain yang dihasilkan dengan menggunakan alat berbentuk kait. Pada Wikipedia, crochet is a process of creating fabric from yarn or thread using a crochet hook. Pendapat dari Goet Poespo yaitu, Teknik membuat kain yang lain adalah mengait dan hasilnya di namakan crochet (kaitan).
Berdasarkan uraian diatas dapat di tarik kesimpulan pengertian teknik crochet. Teknik crochet adalah suatu teknik yang mengolah benang dengan membentuk sengkelit-sengkelit dengan pertolongan satu batang pengait dan hasil keseluruhan kaitan membentuk sebuah benda atau bahan baru.
Perbedaan teknik crochet dengan teknik knitting yaitu, pertama terletak pada proses pembuatannya yang hanya menggunakan sebuah pengait. Kedua yaitu, dasar-dasar dari setiap bagian dari teknik crochet adalah rantai. Pekerjaan yang dibuat oleh rangkaian sengkelit yang dikerjakan melalui satu sama lain untuk membangun sebuah baris horizontal. Variasi-variasi pada kaitan dasar melibatkan peningkatan jumlah sengkelit yang dihubungkan bersama pada waktu yang sama. Ketiga yaitu, teknik crochet berbeda dengan teknik knitting pada sengkelit yang terkunci ke arah samping.
Referensi :
1. Judy Brittain, Step by Step Needlecraft Encyclopedia, (Avenel, New Jersey : Crescent Books, 1995), h.110
2. Noe Idris, Teknik Merajut Untuk Pemula, (Jakarta: kawan pustaka, 2008), h.2
3. Kim P. Werker dan Cecily Keim, Teach Yourself Vissually Crocheting , (New Jersey : Wiley Publishing, Inc., 2006 ), h.2
4. Maharani Sukolo, Teknik Menguasai Trend Fashion yang Akan Datang, (Jakarta : Atelier Mode Fashion Design, 2009), h.140
5. Wikipedia, Crochet, (http://en.wikipedia.org/wiki/Crochet), di akses pada Senin, 2 Februari 2009; Jam 17.37 WIB)
6. Goet Poespo, Pemilihan Bahan Tekstil, (Yogyakarta: Kanisius, 2005), h.38
7. Catherine Amoroso Leslie, Needlework through history: an encyclopedia, (USA : Greenwood, 2007). h.50

2 komentar:

  1. menambah wawasan sekali infonya kak mkasih

    EMI

    BalasHapus
  2. makasih banyak kak. Ijin dipakai buat bahan referensi ya kak

    BalasHapus