Selasa, 07 Desember 2010

Penggolongan Pita atau Ribbon Classification

Pita atau Ribbon di kelompokkan ke dalam tiga dasar kategori pokok cara memproduksi pita. Masing-masing nama kategori menceritakan bagaimana pita tersebut di buat.

1). Cut-edge ribbons (craft ribbons atau florist's ribbons), Cut-edge Ribbons di buat dari potongan kain yang lebar menjadi kira-kira secarik kecil dari ber-yard kain kemudian kain tersebut di potong dengan lebar 1 inci (2.5 cm). Potongan kain tersebut di beri obat pengeras dengan bantuan alat pengeras untuk mencegah potongan kain dari robek.

2). Wire-edge ribbons, ada tiga hal prinsip dari pembuatan pita dengan tepi kawat. Kawat yang baik akan secara langsung di tenun pada sepanjang tepi pita; posisi kawat berada pada tepi pita dan akan di kunci oleh kain hingga membentuk keliman tipis; atau pada pita tersebut akan dibuat lubang kawat yang lembut dengan beberapa tambahan serat sutra atau serat metalik.

3). Woven-edge ribbons, pita tersebut tidak di potong dari lembaran kain yang lebar. seratnya di tenun pada lebar yang diinginkan dari carikan kecil kain dengan dua tepi selvage. Selvage, penyelesaian tepi pada kedua sisi kain dengan di tenun atau flat-knitted, untuk mencegah kerusakan. selvage, penyelesaian tepi pada kedua sisi dengan di tenun atau flat-knitted, Pada woven-edge ribbons sering tepi carikan berbeda atau benangnya lebih berat dari pada badan dari pita tersebut, terkadang batas carikan tenunan seratnya berbeda.


Referensi :

Marthe Le Van, Beautiful Ribbon Crafts: Home decor, Wearables, Gift wraps, Keepsakes & more, (New York:Lark Books, 2003)



1 komentar: